Hachiko

Mungkin agak konyol, pertama dengar tentang Hachiko dari Infotainment.  Waktu itu gak sengaja nonton sekilas pembuatan video klip duo Maya di Jepang. Salah satu spot yang diliatin adalah patung anjing Hachiko di depan stasiun Shibuya, berikut dengan narasi singkat tentang sejarahnya. Unik juga.

Patung Hachiko di depan Stasiun Shibuya, Tokyo

Hachikō adalah seekor anjing jantan jenis Akita inu kelahiran Odate, Prefektur Akita. Ia terus dikenang sebagai lambang kesetiaan anjing terhadap majikan. Setelah majikannya meninggal, Hachikō terus menunggu majikannya yang tidak kunjung pulang di Stasiun Shibuya, Tokyo.

Julukan baginya adalah Hachikō Anjing yang Setia (忠犬ハチ公 ,Chūken Hachikō). Patung Hachikō di depan Stasiun Shibuya telah menjadi salah satu marka tanah di Shibuya. Sewaktu membuat janji untuk bertemu di Shibuya, orang sering berjanji untuk bertemu di depan patung Hachikō.

Beberapa waktu setelah itu, saya baca informasi bahwa film tentang Hachiko bakal tayang di Indonesia.

Setelah ditonton, sebenarnya saya sedikit kecewa, karena film tersebut hanya mengambil ide ceritanya saja. Bukan memfilmkan kisah aslinya (walaupun sebenernya udah baca dikit preview tentang film ini, tapi tetap saja mengharapkan lebih).

Yang saya ekspektasikan adalah film tentang kisah asli Hachiko sendiri yang bersettingkan Jepang tahun 1920an-1930an. Sehingga bakal lebih terasa suasana yang sebenarnya. Tetapi karena sudah membaca kisahnya terlebih dahulu, akhirnya memang film tersebut saya tonton juga sampe habis. Tetapi ketertarikan saya tetap lebih besar pada kisahnya, bukan pada film bikinan negara Obama tersebut. Katanya dulu di Jepang sendiri pernah dibikin filmnya tahun 1987, dan serial drama pada tahun 2006.

Kalo mau tau kisah sebenarnya tentang hachiko Googling aja ya… hehehe…(pasti banyak)

Hachiko asli

Advertisements

2 thoughts on “Hachiko

  1. Heya i’m for the first time here. I came across this board and I find It really useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and help others like you helped me.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s