Gaya Bicara Orang Besar

Kick Andy jum’at ini menghadirkan tokoh bangsa; Ahmad Syafi’i Ma’arif. Sosok satu ini cukup familiar (sok akrab 😛 padahal ketemu aja blom pernah) bagi saya, karena Ayah saya cukup aktif di Muhammadiyah. Kakek yang kritis ini sering menggunakan kata-kata kiasan dalam mengemukakan kritiknya pada pemerintah dan terasa sangat mengena dan menohok. Salah satu yang saya perhatikan adalah cara beliau bicara. Pengucapan beliau  agak kurang bersih, patah-patah, logat minang/melayu yang masih terasa dan kadang sekilas terdengar tidak jelas. Tapi itu tertutupi oleh kualitas ucapan yang beliau lontarkan. Menilik hal itu, teringat pandangan orang-orang tentang gaya bicara yang saya miliki , agak mirip kondisinya (atau itu hanya perasaan saya saja… whatever). Kadang lawan bicara meminta saya mengulangi ucapan saya lagi (cape deh… , padahal kayaknya udah cukup jelas, atau telinga mereka aja yang masih penuh dengan pelumas. Tapi sebenarnya gak sering juga kondisi ini terjadi). Tapi apapun itu, bukan sesuatu yang penting-penting banget untuk dipermasalahkan. Anggap saja pluralisme bung!!! hahahaahaha……(masih untung bisa ngomong 😀 – menghibur diri).

Bahkan kalau diperhatikan, banyak orang besar di negara ini yang memiliki kondisi yang hampir sama dengan Buya Syafi’i Ma’arif, seperti Jusuf Kalla, BJ Habibie, Amien Rais, dll. Jadi kalau ditarik analogi sederhana dan sedikit memaksa, sebenarnya saya ini berpotensi menjadi orang besar (hahahahahahha………). Ya, setidaknya (mudah2an) saya bisa mengikuti secuil langkah-langkah mereka menuju kesuksesan (amiin). Karena secuil demi secuil lama2 jadi secual (bahasa apa ini???? &^%^&%, udah mulai ngaco..). Tapi yang jelas yang dapat saya petik, ucapan seseorang itu tidak dinilai dari caranya keluar dari mulut, tapi dari isi ucapan itu sendiri.

Kata-kata penutup Syafi’i Ma’arif di acara Kick Andy saat ditanya harapan beliau terhadap bangsa ini : “SEGERALAH SIUMAN”

One thought on “Gaya Bicara Orang Besar

Leave a Reply

