Mirota Batik

Sekian tahun kuliah di Jogja, parahnya saya belum pernah benar-benar masuk ke dalam Mirota Batik (kalo lewat di depannya sih sering :P). Mirota batik adalah sebuah toko batik dan souvenir yang cukup gede yang ada di ujung Malioboro, depan pasar Bringharjo. Cabangnya juga ada di Jl. Kaliurang atas, utaranya kampus UII, dekat rumah makan Muara Kapuas. Saya agak heran kenapa lokasi cabangnya agak jauh dari keramaian :?:. Sedangkan pusatnya benar-benar strategis.

Awalnya hari minggu kemaren, saya hanya leyeh-leyeh nggak jelas di kos. Tapi karena si Seli (teman SMA dulu yang lagi training di Jogja) ngajakin jalan ke tempat-tempat di Jogja yang belum dia kunjungi, jadilah saya kembali menjadi guide dadakan untuk dia. Maklumlah waktunya di Jogja cuma tinggal seminggu lagi, dan di hari minggu lah dia bisa kemana-mana, sedangkan saat weekdays kelihatan sangat sibuk sekali. Jadi, apa salahnya demi seorang sahabat ini.

Setelah mengunjungi beberapa spot, terakhir saya ajak ke Mirota Batik. Beruntung sesampainya di dalam, ternyata di luar turun hujan yang cukup lebat. Jadi sekalian berteduh juga :D. Mirota Batik ini terdiri dari dua lantai. Lantai bawah di dominasi oleh batik, jamu, dan pakaian lainnya. Baru saja melangkahkan kaki ke dalam, naluri emak-emaknya si Seli udah langsung keluar. Sementara dia sibuk ngebolak balik batik, saya menghabiskan waktu melihat barang-barang antik yang dipajang di etalase. Karena sudah bosan ngeliat dia ngebolak-balik batik, dengan sedikit memaksa, si Emak ini saya ajak ke lantai 2, bagian souvenir. Ternyata matanya malah tambah hijau, melihat pernak pernik lucu, unik, kreatif dan aneh yang banyak ragamnya.

Emak emak gila 😛

Nggak heran sih, setiap orang kesini pasti ingin membeli sesuatu, begitupun saya. Tapi karena masalah klasik; finansial yang selalu menipis setiap hari :P. Saya hanya melihat-lihat saja, sambil sesekali memfotonya. Beda dengan si Seli, yang senyum sumringah yang seolah terpaku statis di wajahnya sejak detik pertama masuk ke toko ini dan bersiap untuk memborong.

postcards dengan potret jaman dulu

kepala dari buah kelapa; unik

Dan inilah yang paling freak dari semua yang ada di sana. Maaf gambar DP

What do you think about these stuff ?

Konklusinya, untuk yang berniat jalan-jalan ke Jogja, tempat ini sangat recommended dikunjungi seblum pulang kembali ke kota masing-masing.

Mudah-mudahan kalau pihak Mirota Batik baca tulisan ini, saya dikasih royalti 😛 (ngarep mode:on). Atau setidaknya dikasih gratis kepala dari buah kelapa yang ada di atas hehehe…

20 thoughts on “Mirota Batik

  1. hahaha, tapi kayaknya si souvenir DP masuk kategori best-selling deh, buktinya dari dulu ada terus.. di pojok di lantai dua itu kan ya? deket2 ukir2an kayu :))

    ah, good ‘ol Mirota Batik, kangen!

  2. Pengeeen ke jogjaaa, pengen kopdar sama temen2 blog yang ada disana, si Nandini dan Ais.. blom kesampeaan 😦

    Kalo saya berhasil ke Jogjaa, saya pasti samperin nih toko souvenir! lengkap bener sepertinya..
    Kalo ga kesampean ke Jogjaaa.. mmmmm… kirimin saya kepala kelapanya donk pake kurir! hehehe.. pengeeeen :mrgreen:

Leave a Reply

