Pancasila

Kalau saja mata kuliah Pancasila disajikan seperti ini, saya berani jamin sedikit tidak ada mahasiswa yang nitip absen. Kredit buat rendra23 untuk karya yang sangat kreatif ini. Semakin sering didengungkan, semakin samar arti Pancasila itu sesungguhnya. Kerusuhan semakin marak (terutama akhir-akhir ini). Cara seperti ini mungkin lebih mengena dan menarik minat, karena biasanya setiap ada pembicaraan tentang Pancasila, kantuk selalu datang melanda.

Politisi sering menggunakan kata yang terdiri dari 9 huruf ini tapi hanya untuk menggolkan rencana busuk mereka. Saya meragukan apakah mereka benar-benar paham apa itu Pancasila. Saya masih ingat sebuah wawancara iseng yang dilakukan sebuah TV swasta kepada beberapa anggota DPR, yang menanyakan bunyi seluruh sila dari Pancasila. Sebagian ada yang bisa, sebagian tergagap-gagap, sebagian salah, sebagian menolak menjawab sambil ketawa nyengir (menghindari malu). Contohnya, Tantowi Yahya yang walaupun akhirnya bisa tapi sempat bingung dan kebolak balik, dan diakhiri dengan ketawa (sayapun ikut ketawa, ketawa miris :)). Vena Melinda tampak fasih, serius & meyakinkan dalam menjawab serta segera berlalu dengan cool 8) , seakan dia yakin sekali dia benar, tapi woii…. salaaaaaaaah non :lol:. Saya juga curiga bagi yang kebetulan baca tulisan ini, apa jika ditanya hal serupa Anda masih bisa menjawabnya dengan benar :?:. Kalo saya sih masih 8) (pede).

Ngomong-ngomong soal mata kuliah. Saya dulu diharuskan mengambil 2 mata kuliah umum yang mirip dalam satu semeter; Pancasila & Kewarganegaraan. Saya sendiri bingung perbedaan keduanya apa? Kenapa harus dua-duanya, padahal substansinya sama. Tapi belakangan saya malah bersyukur, mengingat IPK yang pas-pasan :|, karena kedua matkul tsb; selain kuliahnya yang santai, nilainya juga santai πŸ˜›

Advertisements

23 thoughts on “Pancasila

  1. kalo kuliah pancasila bisa asik dan penuh gambar ya ga bakalan ngantuk di kelas. hehe

    kuliah Pancasila & Kewarganegaraan emang paling cocok untuk mendongkrak IP *duduk manis, selalu dateng pas kuliah, nilai akhir dapet A*

  2. Kalo Pancasila mah apaaaalll.. yang ga apal itu isi proklamasi! hihihihi.. :mrgreen:

    waktu itu saya juga pernah nonton interview para anggota DPR yang artis2, 90% pada ga tau hak-hak dan kewajiban-kewajiban anggota DPR RI. *geleng2 kepala*
    Saya juga ga tau sih, kudu ngecek di Mbah Google, hihih.. tp kalo mereka mah harusnya tau doonk… *ngelesss* πŸ˜†

  3. pas kuliah saya orang yang selalu dititipin absen… πŸ˜† tapi emang nasib beruntung… si dosen ketuker ngasih nilai… yang dapet A harusnya si anak yg gak pernah masuk, ulangannya ya so pasti nyontek 100% πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s