Sarajevo

Kalau disuruh menuliskan daftar kota-kota yang di dunia yang ingin dikunjungi, saya tak akan lupa untuk memasukkan ibu kota Bosnia Herzegovina, Sarajevo. Tapi entah kapan hal itu bisa terwujud. Tapi tunggu dulu, kenapa Sarajevo?

Seperti orang lain, berkunjung ke kota di belahan dunia lain pasti menjadi satu hal yang menyenangkan. Siapa sih yang nggak ingin ke Paris, London, New York, Roma, Amsterdam dll ? Saya juga pengen :mrgreen:. Kota-kota tersebut punya daya tarik wisata yang sudah terkenal dimana-mana. Terletak di negara-negara maju dengan segala tingkat peradaban yang amat sangat modern, akses yang mudah, teknologi dan transportasi yang sudah oke punya, serta objek-objek yang bernilai seni tinggi.

Kembali ke awal, walaupun tidak begitu terkenal tapi tetap saja ketika ada liputan tentang Sarajevo di TV, yang terlintas di benak adalah “I want be there”. Tentu saja bukan liputan tentang perang Serbia – Bosnia tempo dulu, tapi tentang Sarajevo masa kini, era baru setelah perang. Secara keseluruhan Bosnia adalah negara dengan 80% penganut muslim. Ini salah satu yang bikin menarik, berada di negara muslim dengan kultur Eropa sepertinya sangat “berbeda”. Apalagi di momen-momen tertentu semisal bulan Ramadhan, dimana nuansa agama yang begitu kental tapi dengan tradisi yang sama sekali belum kita temui sebelumnya. Ketika pertama kali merasakan nuansa ramadhan ala Jawa waktu pertama kali aja ada rasa senang yang timbul, padahal sebenarnya tidak berbeda jauh dengan wilayah lain di negara ini, apalagi merasakan ramadhan ala Balkan. Di saat ngabuburit di sini diisi dengan konser-konser musik alay gak jelas, anak-anak muda muslim di sana membaca Al-qur’an di bawah pohon yang rindang di halamam mesjid dengan angin sepoi-sepoi.

Ingin merasakan hal yang sepenuhnya “berbeda”, itulah faktor penarik utama untuk mengunjungi kota yang tidak begitu terkenal semacam Sarajevo. Kota-kota di Amerika dapat selalu kita “kunjungi” di saat nonton film Hollywood, Timur Tengah selalu muncul di berita dan hampir di setiap wilayah ada kampung Arab, Ingin ke Jepang? ayo kita makan mie ramen seperti Naruto dkk, China? bahkan vampirnya sudah kita kenal sejak kanak-kanak, dan negara-negaraΒ  maju Eropa minimal dapat kita lihat sekali seminggu lewat layar kaca, meskipun cuma stadion-stadionnya :D. Tidak sulit mencari literartur, foto, informasi wisata, video dan media lain tentang Menara Eiffel, Piramida, Big Ben, Tembok Besar China, Harajuku Street, Las Vegas. Tapi tidak dengan kota sepeti Sarajevo, liputan di TV lokal yang sangat langka, literatur yang minim dan bahkan di saat googling-pun agak bingung, karena hasil yang ditemukan umumnya masih berbahasa sana, belum banyak yang beredar dalam bahasa Inggris.

Ali Pasha Mosque

Bosnia dulunya termasuk wilayah Yugoslavia, kemudian pecah akibat perang Serbia – Bosnia. Di Sarajevo sendiri ada masjid bernama Istiqlal, nama yang sama dengan masjid megah di Jakarta, tidak heran karena masjid ini adalah sumbangan pemerintah Indonesia. Tidak ada objek yang begitu menarik, layaknya Menara Eifel di Paris. Tapi kota tuanya tetap terjaga meskipun didera perang berkepanjangan. Masih kokoh berdiri Mesjid peninggalan Kerajaan Ottoman Turki yang oernah berkuasa di Eropa, masjid ini bahkan pernah di bakar pasukan Austria pada Perang Dunia I & bertahan sepanjang perang saudara sampai sekarang walaupun belum pernah mengalami pemugaran sekalipun. Katedral masih ada di jantung kota walaupun pernah terkena serangan udara. Sebagai negara yang pernah menjadi medan perang , banyak bekas-bekas tembakan dan peninggalan perang yang masih dapat dilihat sampai sekarang, bahkan sisa persenjataan pun ada yang diukir dan dibentuk sedemikian rupa menjadi barang bernilai seni.

Sarajevo Rose. The effects from the fragmentation of mortar shells is colored red or pink everywhere somebody was killed during the Siege of Sarajevo in the early 90s

Kota yang nyaman, itulah yang tergambar ketika saya nonton liputan tentang Sarajevo yang sama di tipinya Bang Ical untuk kedua kalinya. Dan saya tidak bosan.

City of Sarajevo

Begitulah, kenapa saya jatuh hati dengan Sarajevo. Saya tertarik dengan “ketidakterkenalannya”. Susah juga untuk merangkum intinya, tapi saya harap Anda dapat menyimpulkannya sendiri dari uraian berbelit-belit di atas.

Semoga saja sebelum ajal dikandung badan saya sempat menapakkan kaki di Sarajevo (wow… segitunya :lol:)

* untuk sumber gambar; silahkan klik masing-masing gambar

Advertisements

29 thoughts on “Sarajevo

  1. menarik ulasannya, ditunggu yg lain soal kota2 dunia ya, baru tahu juga kalau ternyata mereka 80% muslim, jadi pengen tau seluk beluknya mereka beribadah, sama dengan kita gak ya. hehehe.

  2. kapan-kapan backpackeran kesana yuk, tapi visanya pakai visa umroh… hehehe, belum pernah nyoba, ada temen yang kesasar sampai ke afganistan, eh, sengaja nyasar ding…

  3. negeri yang menarik… selain itu kalo gak salah ada juga tempat2 yang punya pemandangan sangat indah.. tentunya dinegreri yang sama..
    semoga kesampaian deh jalan-jalan kesana

  4. setuju mas… berkunjung ke kota di belahan dunia lain pasti menjadi satu hal yang menyenangkan.. saya termasuk yg selallu mendambakan Jerussalem tuk di datangi suatu saat nanti 😦

  5. waw. .
    ane jadi ikut kepengen ni . .begitu tahu ksiahnya . .

    hihihi
    oh ya untuk wisata agama bisa dimasukkan target ke Yaman .. dapat berziarah ke Makam2 Para Nabi dan ulaama.. .

  6. waaahhh..ternyata someone who have a dream around the world juga ya???

    hahaha..me too..
    but actually Madrid, Paris, and Venice is more interesting for me πŸ™‚

    greetings from Madridista,
    Hala Madrid

  7. Amiiin, di doain semoga kesampean yaah cita2nyaa!
    doain saya jugaaa..saya pengen ke Yunaniiii…. πŸ™‚
    hehehe..!

    Sarajevo Rose nya bikin ngeri yah klo ngebayangin kejadiannya 😦

  8. anda sama seperti saya yang ingin kesana dan bahkan saya ingin menjadi warga negaranya kota ini memang sangat cantik apa lagai 80% nya beragama muslim …. semoga kita dapat kesana yaaa…. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s