Batak VS Jawa

dari kiri ke kanan: Nanu, Kasino, Indro, Dono

Berikut kutipan dari kaset “Cangkir Kopi” (Warung Kopi Prambors) yang diangkat dari pertunjukan di Palembang, tahun 1979. Saat itu di Warkop masih ada Nanu Mulyono. Nanu berperan sebagai orang Batak, Dono dan Kasino sebagai orang Jawa. Semalam saya dengerin ini, niatnya buat pengganti ngitung domba, pengantar tidur. Tapi yang ada saya malah ketawa semalaman :lol:.

Dono : orang Batak kalo sendirian ngapain ?
Nanu : menyanyi solo
Dono : Berdua ?
Nanu : maen catur
Dono : bertiga ?
Nanu : bertiga πŸ’‘, maen halma
Dono : berempat ?
Nanu : tari tor-tor
Dono : ya, lebih 4 lebih 5 lebih dari 6 pintu-pintu, jendela-jendela harap ditutup πŸ˜†
Nanu : ini orang Jawa ni kurang ajar, kalo Jawa sendirian ngapain ?
Dono : maen perkutut
Nanu : berdua ?
Dono : cari kutu
Nanu : bertiga ?
Dono : klenengan
Nanu : berempat ?
Dono : berempat, wayang orang
Nanu : lebih dari 4 lebih dari 5 transmigrasi kalo orang Jawa πŸ˜†

Nanu : Mangkanya kalo orang Jawa Batak belum punya istri, cari orang Sunda
Dono : kenapa ?
Nanu : orang Sunda itu praktis, manis, ekonomis, sedikit berkumis. Praktisnya apa, kalo orang Sunda selalu kalo makan pake daun-daunan, lalap-lalapan namanya, jadi untuk mengumpanin hidupnya modal hidupnya gampang, kasih sambal lepas di kebon sudah hidup dia πŸ˜†
Dono : kok gitu ?
Nanu : daun singkong dimakan, daun pepaya dimakan, daun jambu dimakan, daun pisang dimakan, cuma satu daun yang gak dimakan
Dono : apaan ?
Nanu : daun jendela πŸ˜†

Kasino : ini orang Batak ninggalin terus ini (logat tegal)
Nanu Β Β  : mengapa?
Kasino : saya kan mau ke Padang, mau ke Bukittingi, sudah sampe daerah Padang Panjang..Β  ga tahu jalannya lagi

Nanu Β Β  : ngeledek kau, mentang-mentang orang Batak emang supir bus. sudah Padang Panjang itu jalannya tinggal ambil ada 2 arah, ambil yang sitorus saja ke atas jangan yang ke hutabarat, yang sitorus . Kalo ambil yang ke hutabarat tu banyak nainggolan-nainggolan,Β  berbahaya. Nanti sudah hampir lagi dekat Bukittinggi kan tu kelok-kelok 9, itu hawanya siregar kali kan, tapi kendaraan juga harus pelan-pelan, sebab sebelah kirinya ini banyak tobing-tobing, sebelah kanannya banyak pohan-pohan. Tunggu dulu, berbahayanya apa? setelah di puncaknya itu jalannya ke bawah, manurung ke bawah.

Kasino : saya sudah sampe puncak, malah celana saya kesangkut pohan tadi, bingung saya

Nanu Β Β  : orang Jawa bingung, celana robek bingung. Bawa ke panjaitan pasaribu kenapa.. ada kan.

Kasino : berapa ongkosnya kira-kira?

Nanu Β Β  : ongkos jahit ya tergantung sobeknya. Kalo kecil sobeknya paling napitupulu, tapi kalo besar robek semua ongkosnya mahal, pangaribuan. Tapi di pasaribu bahaya lagi
Kasino : ada bahaya ya ?
Nanu Β Β  : di pasaribu itu hati-hati banyak rajaguguk, sinaga lah, macam-macam
Kasino : oh saya malah dikejar tu sama rajaguguk, masuk pasarbaru tadi kan, begitu masuk saya dikejar sama rajaguguk, sama sinaga, saya lari..
NanuΒ Β Β  : lantas, trus ?
Kasino : kebetulan saya bawa piso, tak cabut piso, ee.. saya lihat pisonya sitompul, saya masukkan lagi, waa.. gak berani saya
Nanu Β Β  : mengapa tak cari tempat parlindungan sih ? Kan suka ada orang bakar sampah yang terjadi tambunan-tambunan sampah itu yang dibakar pakai batubara

πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Kurang berasa emang jika disajikan secara tertulis. Bagi yang belum pernah dengar, coba download kasetnya di sini: SIDE A dan SIDE B

Warkop memang legend, no doubt about it.

Advertisements

26 thoughts on “Batak VS Jawa

  1. aaa.. warkop fave artist tuuh.. hehehe

    btw, emm.. soal cara dapetin tiket gratis festival sinema perancis yg di jogja, sy kurang tau jg. pengalaman sih waktu nonton festival film eropa & australia yg gratisan juga di JKT, kita yg telpon & aktif booking dulu. gitu. :mrgreen:

  2. πŸ˜† wkwkwkwk.. yang warkop ini sy udah gak inget sama sekali loh filmnya… malahan pas diputer sy belum lahir kali… kalo sekaran diputer itu film pasti warna filmya udah coklat banget kali ya πŸ˜€

  3. Warkop? Saya malah baru tau kalau mereka dulu ber 4! Nah Lho!

    Menghibur ya, ditulis saja lucu, apalagi didengerin…
    kok bisa punya koleksi seperti ini mas?

  4. berterimakasih skalii gan numpang donlot yah…keren msh nyimpen koleksi warkop ini klo saya ni kaset ud g tau kmana suaranya jg udh mendem hehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s