Rhyme In Peace Franky Sahilatua

Kemaren sore salah satu penyanyi legendaris Indonesia, Franky Sahilatua menghembuskan nafas terakhirnya. Beliau mengidap kanker sum-sum tulang belakang dan telah mendapat perawatan berkali-kali.

Franky Hubert Sahilatua (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 16 Agustus 1953 – meninggal di Jakarta, Indonesia, 20 April 2011 pada umur 57 tahun) adalah penyanyi balada asal Surabaya, Indonesia. Franky memiliki dua adiknya yaitu Jane Sahilatua dan Johnny Sahilatua.Namanya dikenal publik sejak paruh kedua dekade 1970-an, ketika ia berduet bersama adiknya, Jane Sahilatua, dengan nama Franky & Jane. Duet ini sempat menghasilkan lima belas album, semuanya di bawah Jackson Record.

Setelah duet ini mengakhiri kerja samanya, karena Jane kemudian menikah dan hendak memusatkan diri pada keluarga, Franky lebih banyak bersolo karier.

Lirik lagu karya Franky pada masa Franky & Jane cenderung pada pemujaan alam pada awalnya, misalnya pada lagu Musim Bunga dan Kepada Angin dan Burung. Namun demikian, seperti kebanyakan penulis lagu balada lain, Franky gemar pula “bercerita” mengenai kehidupan orang sehari-hari, seperti Perjalanan atau Bis Kota. Franky pernah menulis dan menyanyikan lagu-lagu soundtrack untuk film Ali Topan.

Sejak tahun 1990-an hingga sekarang, Franky banyak terlibat dalam aksi-aksi panggung bertema sosial dan nasionalisme. Ia aktif terlibat dalam masa peralihan politik dari Orde Baru menuju Reformasi, penentangan RUU APP, serta gerakan anti globalisasi.

wikipedia

Saya pribadi ingat betul lagu “Orang Pinggiran” yang dibawakannya bersama Iwan Fals yang sering diputar di televisi waktu saya masih kecil. Selain ituΒ  ada beberapa lagu lain hasil kolaborasi 2 musisi hebat ini seperti Terminal, Di Bawah Tiang Bendera, Kemesraan, dll. Seperti Iwan Fals, Franky adalah musisi Indonesia yang Idealismenya begitu kental, terutama dalam menyuarakan ketidakadilan sosial di bangsa ini. Sangat sulit menemukan sosok-sosok seperti beliau ini sekarang. Karena kenyataannya sekarang ini, mati “franky sahilatua” satu, tumbuh “cari jodoh & tapi kok kamu selingkuh” seribu. Susah… 😦

Rhyme In PeaceΒ  Franky Sahilatua, Rest In Peace Franky Sahilatua

Untuk mengenang beliau, mari kita dengar lagi lagu yang satu ini (ternyata Ian Antono juga ada):

oh iya.. sekarang 21 April, Selamat Hari Kartini folks !!

Advertisements

25 thoughts on “Rhyme In Peace Franky Sahilatua

  1. turut berduka cita atas berpulangnya Franky Sahilatua, semoga amal ibadahnya selama didunia, diterima disi Allah SWT, diampuni segala dosa2nya. amin..

    Selamat Hari Kartini. πŸ™‚

  2. yup…beberapa media pun menggaungkan hal serupa…
    semoga arwah beliau diterima di sisiNya..dan bagi keluarga yang ditinggalkan dapat tabah dan sabar menghadapai ujian ini πŸ™‚

  3. kalau Iwan Falas saya mengenal lagunya, ee ternyata itu lagu orang pinggiran dinyanyiin bareng Franky Sahilatua….. baru tahu saya

    selamat jalan Franky Sahilatua

  4. Saya mengenal lagu-lagunya dan sempat menjadi icon bagi kami anak2 muda yang terobsesi seperti dirinya. Kebetulan rumahku dengan rumah frangky di Surabaya beda RW dan itu tidak membuat jarak anak muda di kelurahan kami menjadi terkotak kotak. Malah semakin membuat kami sedikit terpacu dengan belajar gitar secara otodidak dan sering ngamen dari rumah kerumah.
    Selamat jalan bang Frangky, semoga amal ibadahmu di terima oleh Allah SWT dan di lipat gandakan pahalanya.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  5. dulu sewaktu SD/SMP saya lupa… pernah beli kaset mendiang Franky… gambar albumnya diatas perahu… kaset itu saya putar2 terus sampai berbulan2 karena melodi dan beatnya enak… sampai2 papa saya juga keracunan ikutan mainin lagu2 mendiang di gitarnya.. πŸ˜€

  6. Saya juga suka banget denger lagu ini, kharisma Franky memang abadi, sejak saya kecil sampai sekarang lagu-lagunya masih enak buat didengar sekaligus dihayati.

    Semoga almarhum mendapat tempat terbaik disisi-Nya.

  7. Aku gak terlalu familiar dengan nama franky dan lagu2nya,, tapi menurut resensi diatas pasti dia penyanyi yang bagus deh sampe bisa ngerilis 15 album gitu

  8. Saya masih anak2 ketika Franky And Jane sedang berada dipuncak ketenaran, samar samar saya masih bisa membayangkan video klip lagu mereka berdua..

    Sedikit sekali penyanyi yang seperti beliau, sangat perdulu dengan masalah sosial dan nasib kaum terpinggirkan.

    Turut berduka cita dengan kepergian beliau. Semoga Almarhum diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa.

  9. Saya ketinggalan berita ya? Ko’ legendaris ini ngga kedengeran berita dukanya. Dengerin lagunya, kenangan saat anak2 menjadi lebih istimewa waktu itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s