Mereka Yang Pernah Difilmkan

Sejarah dan True  Story adalah genre film yang paling saya sukai. Sejak kecil saya memang tertarik dengan hal-hal berbau sejarah, bukan hanya film tapi juga bacaannya. Tapi bukan berarti saya antipati dengan genre film yang lain, tapi tingkat antusiasnya tetap tak bisa mengalahkan genre yang satu ini. Contohnya saja film Harry Potter yang terkenal itu, jujur saya nggak hapal sudah ada berapa seri film ini, saya juga bingung film yang ke berapa saja yang pernah saya tonton. Yang saya hapal namanya cuma Harry, Hermione dan Voldemort :mrgreen:.

Rasa-rasanya ada nilai dan wawasan yang lebih, yang nyantol di kepala setelah nonton film sejarah, true story, biografi dan sejenisnya.

Menarik untuk melihat orang-orang di masa lalu yang tertoreh dalam buku sejarah dihidupkan lagi dalam sebuah film. Selain wajah yang diusahakan mirip, yang paling penting sebenarnya adalah merasuknya karakter tokoh tersebut dalam diri aktor/aktris yang memerankannya. Sehingga penonton dapat hanyut dalam visualisasi layar di depan mereka.

Coba kita tengok sedikit, dan bandingkan secara visual tokoh-tokoh nyata dan orang-orang yang memerankannya dalam film:

1) Jude Law as Vasily Zaytsev (Enemy at The Gates)

2) Bob Hoskins as Nikita Khrushchev (Enemy at The Gates)

3) Christian Bale as Dieter Dengler (Rescue Dawn)

4) Damian Lewis as Maj. Richard D. Winters (Band of Brothers)

5) Ryan Phillippe as John Doc Bradley (Flags of Our Fathers)

6) Barry Pepper as Mike Strank (Flags of Our Fathers)

7) Tom Cruise as Colonel Claus von Stauffenberg (Valkyrie)

8 ) Emile Hirsch as Christopher McCandless (Into The Wild)

9) Russell Crowe as John Nash (A Beautiful Mind)

10) Leonardo DiCaprio as Frank Abagnale (Catch Me If You Can)

11) Titanic Captain Edward Smith and Bernand Hill as Edward Smith in “Titanic” (1997)

12) Shipbuilder Thomas Andrews and Victor Garber as Thomas Andrews in “Titanic” (1997)

13) Drug lord Frank Lucas and Denzel Washington as Frank Lucas in “American Gangster” (2007)

14) Musician Ray Charles and Jamie Foxx as Ray Charles in “Ray” (2004)

15) Musician Johnny Cash and Joaquin Phoenix as Johnny Cash in “Walk the Line” (2005)

16) Donnie Yen as Ip Man (Ip Man)

17) Will Smith as Chris Gardner (Pursuit of Happyness)

18) Tom Hanks as Charlie Wilson, Julia Roberts as Joanne Herring and Philip Seymour Hoffman as Gust Avrakotos (Charlie Wilson’s War)

19) Johnny Depp as John Herbert Dillinger (Public Enemies)

20) Nicholas Saputra as Soe Hok Gie (Gie)

21) Lukman Sardi as Ahmad Dahlan (Sang Pencerah)

22) Lukman Sardi, Vikri Setiawan and Zulpani Fasa as Andrea “ikal” Hirata (Laskar Pelangi & Sang Pemimpi)

23) James Franco as Aron Ralston (127 Hours)

24) Bruno Ganz as Adolf Hitler (Downfall)

25) Hilary Swank as Amelia Earhart (Amelia)

26) Mel Gibson as William Wallace (Braveheart)

27) Denzel Washington as Herman Boone (Remember the Titans)

28) Leonardo DiCaprio as Howard Hughes (The Aviator)

29) Samuel L. Jackson as Ken Ray Carter (Coach Carter)

30) Adam Beach as Ira Hayes (Flags of Our Fathers)

31) Jesse Bradford as Rene Gagnon (Flags of Our Fathers)

32) Dwayne Johnson as Sean Porter (Gridiron Gang)

33) Jesse Eisenberg (left) has been cast to play Facebook founder Mark Zuckerberg (right) in the film (The Social Network)

*list di atas, hanya film-film yang pernah saya tonton (dan masih saya ingat :P)
**Gambar dicomot dari berbagai sumber, silahkan klik gambar masing-masing
***Akan saya update kalo mood lagi bagus :mrgreen: 


13 thoughts on “Mereka Yang Pernah Difilmkan

    • ada 1 film lagi yg dibintangin sm si Bale ini, dia jauh lebih kurus, tapi saya lupa judulnya, ceritanya dia punya temen khayal gitu, mirip2 fight club. Emg keren totalitas dia

  1. Belum semua film yang ditulis di posting ini saya tonton, tapi setuju banget tentang film Harry Potter, saya juga nggak hafal judulnya apa aja dan siapa tokoh-tokohnya selain mereka bertiga… 😀

    Denzel Washington itu, wuih, idola saya!

Leave a Reply

