Ternyata Mocca Terkenal di Korea

Kemaren malam tiba-tiba kebangung jam 2.30 malam (dinihari tepatnya), what the… ngapain kebangun jam segono, apesnya mata ini nggak mau dipaksa tidur lagi. Daripada bengong, saya mutusin buat nyari-nyari film di forum IDWS buat didownload. Awalnya masuk thread film horror Jepang, tapi setelah dipikir-pikir nonton film horror jam segitu sepertinya bukan pilihan yang bagus :???:. Terus nyasar di thread film “Bandhobi”, film Korea. Kalau dari sinopsisnya film Indie Korea ini cukup unik. Ceritanya tentang seorang buruh migran asal Bangladesh dan seorang gadis SMA yang pemberontak, agak beda dari genre-genre film Korea pada umumnya. Tapi yang lebih menarik, ternyata yang ngisi OST-nya Mocca. Yup, band Mocca dari Indonesia.

Pertama kenal band Indie ini waktu ngisi OST film “Catatan Akhir Sekolah” dengan lagu “I Remember”. selain itu ada beberapa lagu lain yang cukup akrab di telinag seperti “Secret Admirer” dan OST Untuk Rena. Lalu kemudian saja jarang mendengar lagi kiprah mereka di musik Indonesia. Tampil di TV pun hampir tidak pernah.

Setelah berseluncur di Youtube, tak dinyana ternyata mereka cukup populer di luar negeri terutama Korea. Musik mereka sudah dipasarkan di Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea, bahkan Swedia, Italia. Dari sekian negara, Mocca paling terkenal di Korea bahkan mengalahkan ketenaran mereka di negara sendiri. Lagu-lagu mereka banyak digunakan untuk jingle iklan, soundtrack drama serial, film, dan berbagai variety show terkenal di sana.

Ini salah satu iklan yang memakai lagu mereka, katanya masih ada sekitar 6 atau lebih iklan lainnya.

Mocca juga pernah tampil di acara radio & TV nasional Korea, katanya juga pernah jadi bintang tamu di acara talkshow paling terkenal di sana. Mereka juga beberapa kali diundang untuk konser di sana. Tapi tak seperti konser musisi Indonesia lainnya diluar negeri, konser Mocca dihadiri masyarakat lokal sana dengan cukup antusias, bukan TKI. Bahkan katanya di Korea,Β  mereka sudah punya fanbase sendiri.

penampilan Mocca di TV Korea

 

Lagu Mocca “Happy” dinyanyiin sama anak-anak SD (apa TK yaa..?) Korea

Lagu-lagu Mocca yang hampir seluruhnya berbahasa Inggris tentu sangat memudahkan mereka untuk go Internasional plus karakter musik yang unik dan suara cheery Arina (vokalis) yang sangat nyaman didengar.

Mereka juga pernah berkolaborasi dengan band Club 8 (Swedia) dan Peppertones (Korea). Tapi ada kabar sedih terbaru dari Mocca. Mereka dikabarkan akan hiatus dalam waktu yang cukup lama, karena si Arina mau nikah sama cowoknya yang bule Amerika, dan bakal menetap di sana. Sayang saya udah telat taunya band ini begitu populer di luar sana πŸ˜₯

Website resmi Mocca : http://mymocca.com/

Coba lihat salah dua perform mereka di Korea di channel TheTarabudi dan Furansizuka (Youtube), aseeeeeeeekk..

Gini nih.. baru bisa dibilang band keren, diam-diam menghanyutkan. Nggak kaya artis yang dari jaman kapan sudah koar-koar mau go Internasional tapi gak jadi-jadi.

Sayang, band-band berkulitas seperti Mocca, White Shoes & The Couple Company, The S.I.G.I.T, dll yang punya musikalitas dan idealisme tinggi seperti ini tak dihargai di negara sendiri. Yang diangkat cuma band-band mewek tapi gaya rockstar yang tiap pagi nyanyi lipsync di tipi-tipi. Shame on us πŸ˜₯

Advertisements

28 thoughts on “Ternyata Mocca Terkenal di Korea

  1. Paling ingat I remember, pas ama judulnya…lagunya easy listening tap gak bikin bosen, everlating…bukan pengegmar banget sih…tapi suka banget.

    Siapa tuh band rock cewek lipsink? πŸ™„

  2. haha, saya tetep mendukung anak bangsa, mau yg jelek yg bagus, yg lipsing yang live, yang go international go national, semuanya tetep anak bangsa yang patut di apresiasi

  3. wah, saya juga fans nya Mocca lho. musik nya keren2.
    mereka emang tenar di mancanegara πŸ˜€
    tapi ya gitulah, jalur mereka emang nggak semainstream Anggun, jadi publikasi juga kurang.
    White Shoes juga mantab2 lagunya πŸ˜€

  4. Kalau Mocca emang keren dah, baru tahu juga dia sebegitu terkenal di Korea. Orang Indonesia seneng k-pop mereka suka lagu Indonesia, hahaha

  5. Wah.. Aku baru nemu nih yang membahas film Bandhobi, meskipun lebih membahas ke Mocca-nya πŸ™‚ Aku nonton dari dvd, tempo hari nontonnya kepotong, terus sekarang gak tau dvd-nya kmana. Gimana endingnya ya?? Hehe…
    Keren banget ya Mocca… salut deh…

    • Endingnya kurang enak, tapi kayanya itu ending palng realistis. Sepertinya ini salah satu film yg menggambarkan realita di korea itu seperti apa, nggak cuma hal-hal menawan..
      Rasisme disana jg ada, memandang tinggi orang barat, memandang rendah orang2 asia selatan, barat, dan mungkin tenggara..

    • saya cm suka nonton running man, family outing dan beberapa filmnya (salah satunya Tae Guk Gi, film perang terbaik yg pernah ada). Tapi nggak suka sm Kpop mainstream (edit biar enak :P) no offense :mrgreen:

      • Wah sama banget gan πŸ˜€
        Ane kalo gak nonton Running Man, gak mungkin terjun ke dunia Korea sekarang (walaupun cuma nonton Family Outing dan RM doang :D).
        K-pop aja juga cuma denger Leessang, takjub sama liriknya πŸ˜€

  6. wah harus di perjelas tuh kata – kata “tidak dihargai” coz saya orang bandung dan sangat menghargai mocca sejak lama, begitu juga orang – orang di bandung pasti tau mocca. yang jadi masalah adalah “mafia label” yang lebih memilih uang dibandingkan kualitas bermusik. jadi siapa bilang kalau orang indonesia nggak menghargai mocca ? kalau ngga ada yang menghargai mocca pasti ga akan ada postingan ini πŸ™‚

    maju terus, thanks for share. πŸ™‚

  7. Mocca tahun lalu apa awal tahun ini (lupa hehe) colab sm Big Baby Driver (Band Indie Korea. Band Indie terkenal. Suka ngisi ost. Drama gitu. Hehe). Ni band Indie sampe dtg ke Indonesia buat ketemu sm perform brg Mocca. Oh iya, lagu mereka judulnya Good Morning Song.

  8. Wah pantes… Kirain lagu nya mocca yg i remember ini di nyanyi in ulang sama penyanyi korea.. Ternyata bukan..
    Dan baru2 ini lagu mocca ada di Return Of Superman loh.. Eps 124 pas episode Lo Hee.. 😍😍 bangga sama mocca 😍😍

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s