Papan Pergantian Pemain

Salah satu yang mengganggu pemandangan & batin saya kalau menonton pertandingan bola di Indonesia adalah papan pergantian pemain. Papan yang diangakat offisial pertandingan saat ada pemain yang akan diganti yang menunjukkan angka nomor punggung pemain yang keluar & masuk. Sekarang sudah tahun 2013 boi, tapi model papan yang digunakan masih oldschool abis :|, kayak gini:

368623806_078Kalau untuk pertandingan domestik, okelah. Kompetisinya aja kacau balau. Tapi untuk pertandingan internasional yang bagusan dikitlah. Di Eropa, papan pergantian digital sudah dipakai sejak akhir 90an/awal 2000an. Dan ini sudah lebih dari 10 tahun berlalu…

Aston Villa v Chelsea - FA Cup Semi FinalSaya gak tau pasti siapa yang paling bertanggung jawab dalam hal ini. Apakah pengelola stadion, panitia pertandingan, Badan Liga atau PSSI. Asumsi saya, ini merupakan tugas dari pengelola stadion. Karena ini termasuk kelengkapan stadion, sama seperti gawang, tiang pojok lapangan, tribun, garis lapangan dll. Tapi siapapun, masa’ gak bisa beli barang beginian. Harga untuk model yang tercanggihnya gak sampai 8 juta. Keuntungan dari gelaran sebuah pertandingan itu besar lho, ratusan juta hingga miliyaran. Masa’ cuma buat beli ini aja kaga bisa. Atau kalau mau hemat (banget) kerjasama saja dengan salah satu fakultas teknik yang ada di negara ini pasti mahasiswanya juga pada semangat.

Tapi itulah Indonesia, duitnya pasti lebih banyak masuk kantong pribadi. Jangankan buat hal kecil seperti ini, tanah & rumput lapangan aja gak dirawat. Kalau hujan berubah jadi sawah, drainasenya jelek. Ingat kan pertandingan kualifikasi AFC Cup U-19 Indonesia Vs Korea kemarin, apa gak malu tuh?

Gini nih ktanya yang mau jadi tuan rumah Piala Dunia beberapa tahun kemaren, jadi tuan rumah ajang Asia aja belum pantas πŸ‘Ώ

Advertisements

17 thoughts on “Papan Pergantian Pemain

  1. Bener banget.. kalau alasannya gak ada uang seh omong kosong yak. berapa triliun pasti anggaran untuk sepakbola ini..

    Semoga makin baik aja PSSI. gak usah dulu juara. berbenah aja. Kalau udah genah pasti juara kok..

  2. boro2 papannya bro, lapangan nya aja kayak kolam di bagian deket gawang

    gak tau deh ini tanggung jawab siapa, tapi emang bener kata2 yang ada di filem ‘naga bonar jadi dua’ -> ‘lapangan saja tidak ada, bagaimana negara ini mau juara dunia sepak bola’

    • lapangan sih ada tapi kelengkapan & perawatannya yg nggak. bahkan rumput GBK kebanggaan nasional itu sudah jauh dr standar internasional.
      Staff kepelatihan Liverpool bilang waktu mereka ke sini, rumput GBK itu cuma rumput liar yg di tata.

  3. Mungkin mikirnya papan itu belum begitu penting. Masih bisa pakai papan yg biasa. Jadi uangnya dipakai untuk yg lain deh. Yg lain ini semoga bukan kepentingan pribadi, hehe….

  4. Iya bener, ini sih memang agak memalukan yah. Indonesia negara besar dan kaya tapi segitu doang kagak bisa disediain.. Ehh bisa sih, tapi ya itu.. Pada masuk kantong pribadi..hikss

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, Hendro…

    Saya bukan peminat bola sepak, tetapi memang benar papan penggantian pemain harus bersifat mesra penonton kerana bisa mengganggu pandangan jika bentuknya masih lama. Masak, tidak dapat diganti menjadi yang lebih digital. Pada hal pembeliannya tidaklah semahal bola itu sendiri.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s