Top 7: Korean Songs

Untuk musik Asia sebenarnya saya lebih ngeklik dengan Jepang dibanding Korea, walaupun musik Korea lagi hits banget sekarang. Kenal musik Korea juga gara-gara kecanduan nonton variety show Running Man, terus sesekali juga nonton variety show yang lainnya kayak Infinity Challenge, 1N2D & acara talkshow-nya Yoo Jae Suk yang settingannya di sauna itu (lupa nama acaranya πŸ˜› ). Musik mainstream Korea itu umunya kalau nggak dance music (boyband-girlband), ya ballad. Jadi agak susah juga buat saya nyari yang sesuai selera, mesti digali agak ke dalam. Dan saya berhasil menemukan beberapa.

Berikut 7 lagu Korea pilihan saya:

1. Deli Spice – Chau Chau

Dengar lagu ini pertama kali jadi backsound variety show. Liriknya simpel, cuma beberapa kalimat yang diulang-ulang, tapi musiknya adiktif membangkitkan bayangan-bayangan nostalgik. Sepertinya ini lagu lama dari jaman akhir 90an. Juga jadi OST sebuah drama, kalau gak salah judulnya Replay 1997.

2. Leessang – Who Are You Living For?

Kenal Leessang lewat Running Man. Salah satu member Running Man yaitu Kang Gary adalah pentolan grup hip hop Leessang. Lagu-lagu Lessang banyak yang bagus, tapi saya pilih yang ini karena underrated dibanding yang lainnya. Lagu ini jadi OST film Bloody Tie. 2 orang aktor dalam film tersebut, juga ikut menyumbangkan suara mereka di lagu ini.

3. Yellow Monsters – Destruction

Ini lagu terkeras dalam list ini. Susah nyari band rock Korea, apalagi yang benar sesuai dengan selera saya. Diantara yang sedikit itu, band ini yang paling saya suka. Band ini sebenarnya proyek sampingan dari 3 orang dari band-band yang berbeda, salah satunya sang drummer berasal dari band Deli Spice yang ada di atas.

4. Nell – Good Night

Nell adalah artis Korea pertama dalam format band yang menarik perhatian saya. Dari musiknya, band ini sepertinya banyak dapat influence dari britpop. Lagu Nell banyak yang bagus. Tapi saya pilih yang ini karena MV nya cukup menggelitik, sangat menggambarkan musik mainstream Korea, dimana band seperti mereka miskin apresiasi.

5. Epik High – Umbrella (feat. Younha)

Saya tau lagu ini sebelum Kpop hits di sini. Nggak sengaja nemu video lagu ini di flashdisk teman. Awalnya saya kira ini lagu Jepang, karena saat itu belum familiar dengan bahasa Korea πŸ˜€ .

Kurang suka dengan materi dan gaya Epik High yang sekarang sejak mereka gabung ke label yang lebih besar, terlalu komersil.

6. Hot Potato – Pillow

Hot Potato adalah band dari Kim C, mantan member variety show 1N2D. Awalnya saya kira dia pelawak πŸ˜€ , tapi ternyata aslinya musisi. Alasan dia mau ikut variety show itu agar musiknya bisa lebih dikenal, itu saja. Kalau gak salah lagu ini di-ban sama salah satu stasiun TV Korea, entah apa yang salah dari lagu ini 😐

7. Raspberry Field – Can You

Raspberry Field adalah nama panggung dari Soy (nggak tau nama panjangnya πŸ˜€ ). Dia mantan anggota girlband jamanΒ  90an, seangkatan Lee Hyori sepertinya. Sekarang ini dia merambah musik indie.

Lagu ini ada 2 versi. Selain versi Korea juga ada versi bahasa Inggris nya. Sebenarnya saya lebih suka yang versi bahasa Inggris nya :mrgreen: . Selain bisa langsung ngerti liriknya tanpa harus lihat terjemahan, alasan utamanya karena di versi bahasa Inggris dia berduet dengan salah satu penyanyi favorit saya yaitu Takeshi Hosomi, vokalis band rock Jepang Ellegarden dan The Hiatus. Versi bahasa Inggris juga lebih ada power nya, ya karena berduet dengan vokalis band rock kali ya

Maaf buat pecinta musik Korea jika idolanya nggak ada di list saya ini πŸ˜€

Sekian dan terima kasih.

26 thoughts on “Top 7: Korean Songs

  1. Yeeeah Leessang sama Epik High di masukin. Aq dua grup itu karena ada Gary dan Tablo. Kamu suka RM juga ya ? Tooss !…
    Btw acara YJS yg di sauna itu namanya Happy Together πŸ™‚

  2. Gara-gara rm jadi kenal sama Deli Spice sama Leessang sekarang mah, tapi emang industri musiknya lebih proyeksiin idol group jadi kesannya Korea itu cuma K-Pop.
    Pantesan Mocca sampe punya fans fanatik di Korea Selatan sana, udah bosen kali sama para hallyu idolnya.

  3. Deli Spice. Tau dan jatuh cinta sama lagunya Deli Spice sejak nonton Reply 1997. Yg judulnya Confession jd ost drama tsb. Trus, suka sm Chau Chau. Dan baru ngeh kalo lagunya diputer di RM pas ep puluhan gitu. Haha Akhirnya sy cari lagu-lagu mrk yg lain. Dan yg terakhir beberapa hari lalu nonton drama Plus Nine Boys. Ada lagu yg aku suka banget. Pas nyari, eh ternyata lagunya Deli Spice (gak tau judul english nya soalnya pake Hangul). πŸ˜€ Anyway, sy juga suka LeeSsang, Epic High & Raspberry Field. πŸ˜€

  4. Deli spice yang chau chau itu langsung kebayang adegan jongkook dibalik payung payung yg jadi secret admirer jihyo di episode berapa gitu, hahaha. Dan raspberry field juga enak enak lagunya, 10cm juga apalagi pas lagi akustikan. Selebihnya suka lagu lagu cnblue, hehe

Leave a Reply

