Hujan Abu

14 Februari jadi hari yang tidak biasa. Bukan karena Valentine’s day, apalah artinya bagi jomblo sebatang snsd kara seperti saya ini, tapi karena hujan abu menyelimuti Jogja.

Pukul 4 pagi saya kelaparan dan keluar ke burjo mau nyari cemilan. Sesampai di burjo terasa ada yang aneh, baju yang saya kenakan terdapat banyak bercak-bercak putih. Awalnya saya kira dari kotoran cicak atau binatang sejenisnya bahkan berpikir itu dari hantu atau hal-hal aneh lainnya (gara-gara nonton tv show horror Jepang beberapa hari sebelumnya, jadi kepikiran terus 😕 ).

Tapi setelah dicek bolak balik ternyata ada hujan abu turun. Awalnya menyangka itu datang dari dari gunung Merapi seperti beberapa saat yang lalu, tapi akhir-akhir ini aktivitas Merapi adem ayem saja. Sempat terpikir itu memang berasal dari Kelud karena beberapa waktu terakhir sering ada berita tentang kenaikan aktivitasnya, tapi Kelud kan keberadaannya cukup jauh dari Jogja jadi berasumsi gak mungkin, tapi ternyata itu memang berasal dari sana. Saya juga baru tau pagi itu bahwa gunung Kelud meletus malamnya, dan bayak orang yang bilang dentumannya sampai terdengar ke Jogja, tapi kok saya gak denger ya 😐

Beberapa jam kemudian sekitar jam 7.30 suasana di luar sudah seperti saat letusan gunung Merapi yang lalu, semuanya abu-abu, intesiatas abu yang turun pun meningkat. Bahkan ada beberapa yang bilang abu yang sekarang lebih tebal dibanding saat Merapi meletus dulu.Ada juga yang memberitakan hujan abu gunung Kelud ini lebih parah dirasakan di daerah yang agak jauh seperti Jogja, Solo dll dibanding daerah yang lebih dekat. Mungkin karena kekuatan luncuran letusan, arah dan konsentrasi angin dll (untuk hal ini serahkan saja ke BMKG 😛 ).

Karena sudah pernah mengalami hal yang sama, warga Jogja tampak gak panik menghadapi hujan abu kali ini, itu juga mungkin dikarenakan dengan keberadaan gunung Kelud yang cukup jauh jadi orang-orang tidak terlalu khawatir dengan bahaya letusan lainnya.

Ini kondisi Jogja kemarin yang didokumentasikan oleh mas Erix (Endank Soekamti)

Dan beberapa gambar yang dishare warga lewat twitter

This slideshow requires JavaScript.

Hari ini hujan abu sudah berhenti tapi efek setelah ini yang cukup mengganggu, 2 sampai 4 minggu kedepan abu bakal tetap bertebaran, walu sudah banyak yang bersih-bersih. Hujan bakal banyak membantu, tapi sayang hari ini BMKG baru saja merilis citra potensi hujan dimana daerah Jawa tidak berpotensi hujan sama sekali, aduh padahal kemarin-kemarin hujan terus tiap hari 😦

Mudah-mudahan besok hujan (lebat), hujan air bukan hujan abu lagi.

Semoga bencana di Kelud cepat teratasi #PrayForKelud

Advertisements

14 thoughts on “Hujan Abu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s