Mata Najwa di UGM

Baru saja pulang dari acara Mata Najwa yang merupakan bagian dari Metro TV on Campus di UGM selama tiga hari terakhir.

BlbXPBNCcAEK0h1.jpg largeSaya cuma ikut acara dua hari terakhir, Pelatihan Jurnalistik dan Mata Najwa, itupun hitungannya udah banyak buat ukuran seorang pemalas sepeti saya ini 😀 . Inilah review acak kadut semrawut tentang acara-acara tersebut.

Pelatihan Jurnalistik

Waktu pertama tau bahwa Mata Najwa bakal datang ke UGM, saya langsung cari info, dan ternyata ada rangkaian acara yang lainnya juga. Awalnya saya cuma niat mau daftar untuk ikutan Mata Najwa, tapi sekalian sajalah daftar yang ini juga, gratis ini 😛 , apalagi takutnya gak kebagian tiket Mata Najwa karena tau sendiri lah, animonya besar. Ternyata dikonfirmasi tiket untuk kedua acara tersebut. Walau bukan orang yang dekat dengan jurnalisme, setidaknya bisa nambah-nambah ilmu, apalagi ada Aviani Malik yang jadi salah satu pembicara ❤ ^^’

  • Dibuka dengan musik akustik  yang bagus walau sederhana. Habis itu ada gimmick-gimmick lain dari panitia.
  • Promosi dari pihak sponsor, gak menarik.
  • Sambutan dari pihak UGM yang membosankan seperti kata-kata sambutan seperti biasanya.
  • Pembicara pertama oleh Indra Maulana, ya lumayanlah.
  • Pembicara kedua oleh Aviani Malik. Inilah highlight utamanya acara ini. Crowd lebih semangat, terutama yang cowok 😆 . Aviani sendiri juga asik cara dan materi presentasinya. Orangnya cantik, pintar, asik dan lucu ❤ .Berbeda dengan di TV yang terkesan serius. Ada momen-momen kocak waktu sesi ini  😀 .

  • Pembicara ketiga, Yohana Margaretha. Karena kurang populer & kurang beruntung tampil setelah Aviani Malik yang klimaks, jadi kurang dapat perhatian.
  • Pembicara keempat oleh sesepuh Eagle Award, saya tinggal shalat 😛
  • Pembicara terakhir, Rory Asyary. Cewek-cewek pada histeris, ada yang ngalay juga, malah mirip fans boyband ketemu idolanya. Materinya cukup menarik, tapi terasa agak narsis.

Mata Najwa

Agak kurang nyaman. Level of enjoyness acaranya tak sesuai ekspektasiKenapa gitu??

  • Open gate kacau, berdesakan. Panitia kurang sigap. Yang gak dapat tiket kelakuannya cukup alay, bergerumun di depan pintu masuk, sehingga mengganggu yang punya tiket buat masuk ke dalam venue. Mana panas lagi 😡

  • Acara agak molor kayaknya, mana di dalam sumuk lagi. Kayaknya orang-orang juga banyak dipersilahkan masuk saja, karena animo yang cukup tinggi, melebihi kapasitas tempat duduk, sehingga banyak yang lesehan. Di sini saya juga menyadari GSP UGM sangat jauh lebih jelek dibanding Sabuga-nya ITB, Dome UMM atau auditorium universitas yang lain.

  • Intro, pesan sponsor & kata sambutan dari rektor mengawali acara. Lanjut dengan penampilan Penta Boyz yang cukup fun.
  • Najwa Shihab muncul, crowd semangat ceria berseri-seri hingar bingar 😀
  • Intro yang menyenangkan  oleh Najwa Shihab yang kemudian memperkenalkan tamunya.
  • Kesan saya untuk para bintang tamu sepanjang acara. Sultan Hamengkubuwono X; membosankan, jawaban yang diberikan lebih banyak diplomatis. Mahfud MD; seperti agak bingung memposisikan diri, jawaban-jawaban to the point dan menarik tapi agak kurang “airtime”nya, paling sedikit ditanya dibanding yang lain sepertinya. Anis Baswedan; ya seperti biasa gimana dia yang kita lihat di tv, perkata-kataan yang positif dan inspiratif. Tapi yang agak mengganggu saya itu  adalah para mahasiswa terkesan sekali ngefans sama dia, sehingga fokus yang diberikan agak jomplang dibanding dengan kepada Mahfud MD, sebagai dua orang di antara bintang tamu yang ada yang masuk bursa capres. Ridwan Kamil; yang paling saya suka siang itu, jawabannya kongkrit, positif, enak di dengar. Apalagi dia juga gak punya kepentingan besar di pilpres nanti, sehingga omongannya lebih lepas. Chairul Tanjung; agak sedikit lebih baik daripada Sultan.
  • Ada juga penampilan Butet Kertarajasa. Entah kenapa dari dulu saya gak terlalu “in to” dengan lawakannya mas Butet. Lucu sih, banyak pesan tersirat juga. Tapi tawa saya gak gak sekeras teman-teman yang lain ketika mendengar beliau berbicara.
  • Audio sering rusak, cukup mengganggu jalan acara.
  • Sesi tanya jawab sangat antusias. Tapi sayang gak banyak pertanyaan bagus yang keluar. Pertanyaan yang diajukan kebanyakan terlalu general. Ada pula yang tidak sesuai konteks & menyangkut privasi orang, contoh yang bertanya ke Najwa Shihab kenapa beliau gak berhijab 😐 , mood killer banget. Tapi ada satu yang bagus banget dari seorang anak Teknik Mesin, pertanyaannya “menampar”.. 😆

  • Karena molor, acara selesai juga telat. 5:30 lebih baru selesai. Raut muka Mahfud MD dan banyak orang lainnya udah mulai gelisah, belom shalat Ashar maan!!

Mata Najwa on Stage di UGM ini bakal tayang hari Rabu tanggal 30 April di Metro TV

Kalau dirasa-rasa, mahasiswa UGM lebih “santun” ya menyambut dua capres di kampus mengingat apa yang dialami Jokowi di ITB beberapa waktu yang lalu hehe 😀

 

* Foto-foto diambil dari twitter, kredit untuk yang bersangkutan

** Saya gak punya dokumentasi sendiri, karena gak bawa kamera dan ponsel saya masih bodoh, primitif  😐

Advertisements

2 thoughts on “Mata Najwa di UGM

  1. awalnya tertarik sih pengen ikutan acara ini. tapu karna di hari dan jam kerja ya sudahlah (nasib buruh).
    terus kmaren temen2 blogger yg pd datang cerita2nya koq mengecewakan. jd gak nyesel2 bgt kalo gak ikutan *eh.
    salam kenal, btw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s