Geliat Sepakbola Wanita Inggris

England, the land of football (jangan sebut soccer, orang Inggris gak suka 😛 ). Gak cuma buat laki-laki, tapi wanita juga. Dari yang muda sampai yang tua. Kalau sering nonton EPL di tv, bakal sering lihat mereka di tribun, gak kalah antusias sama yang jantan. Masih ingat gak waktu seorang nenek fan Arsenal komplen karena bangkunya didudukin sama Carlo Ancelotti, demi sepakbola itu men!

Well gak hanya sebagai penonton aja. Wanita juga tambah banyak yang ikut serta dalam hal teknikal dan manajerial. Di federasi dan klub-klub. Contoh yang paling familiar seperti Eva Carnerio, fisio Chelsea. Atau Sian Massey, asisten wasit di EPL, yang pernah menganulir goal Van Persie 🙂

Tapi rasanya masih kurang emansipasi ya hehe 😀 , bagaimana dengan sepakbola wanita nya? wanita sebagai pemain. Inggris punya liga sepakbola wanita juga, yang disebut FA Women’s Super League (FAWSL). Diikuti 8 klub seperti Arsenal Ladies, Liverpool Ladies, Chelsea Ladies dll. Geliat FAWSL musim ini semakin semarak karena banyaknya partisipan, sehingga dibentuk divisi bawah WSL2 yang diikuti 10 tim, nantinya bakal ada sistem promosi-degradasi seperti liga yang cowok. Nggak hanya itu  geliat liga cewek musim ini juga diperlihatkan dengan transfer pemain bintang seperti yang dilakukan Chelsea, Arsenal dan Man City. Sudah terlihat efeknya di beberapa pekan awal ini. Juara tahun lalu Liverpool Ladies, dapat saingan yang lebih banyak & kuat musim ini.

Dinyana upaya-upaya ini bakal meningkatkan kualitas liga dan lebih mengundang atensi masyarakat. Selama ini pamor liga wanita Inggris masih kalah dibanding liga wanita Jerman, Prancis & Amerika.

BickRKhCQAABdojSaya sendiri update info tentang FAWSL di web dan social medianya, terutama channel youtube FAWSL yang rilis video highlight pertandingan tiap pekan.

Tapi ada satu yang agak disayangkan. Sebagai fan Manchester United saya kuciwa MU gak punya tim cewek 😦 . MU satu-satunya klub besar Inggris yang gak berkecimpung di FAWSL, terlalu sibuk ngurusin Moyes tahun ini apa ya :/ . Tapi ya mau protes kemana? cara paling efektif harus pergi langsung pergi ke Inggris sana, ke Old Trafford menghadap manajemen klub, menyampaikan keluh kesah saya ini.

Seeeeemooogaaaaaaa terwujud :D.

Tujuan ke Inggris gak melulu tentang sepakbola sih, ada daya tarik lain juga seperti musik; Beatles, Radiohead, Oasis, The Smiths, Kasabian, Adele, 1Direction, Jake Bugg dll atau setidaknya untuk mendengar their lovely british accent & wonderful sarcasm language 😆

**

140523-154717.png

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s