Orang Baik Meninggal Dengan Tenang

Awal bulan Ramadan kemarin, Mahfud MD jadi penceramah di masjid tempat saya shalat tarawih. Nggak kampanye Prabowo kok, cuma ceramah agama biasa. Walaupun disinggung-singgung juga sih pas akhir. Tapi ya gak mengarah ke kampanye, cuma seruan ikut serta dalam pemilu. Malah rasanya malah berpihak ke Jokowi (nah lho) ❓

Ok skip tentang pilpres, bukan itu yang mau saya sampaikan. Salah satu poin yang melekat dari ceramah Pak Mahfud MD malam itu adalah, orang yang baik orang yang hidup sesuai ajaran agama meninggal dalam keadaan tenang. Tidak menyusahkan, “bahagia” menuju ke kematiannya. Alasannya karena mereka diperlihatkan surga, pemandangan yang indah oleh Allah pada momen-momen menjemput ajal, atas perbuatan yang dilakukan di dunia. Sebaliknya orang-orang yang susah sekali meninggal, sekarat dalam waktu yang lama, menyusahkan orang lain, menanggung perih yang tak tertahankan, dll mungkin saja mengalami hal yang berbeda dari yang di atas.

Gambaran kasarnya seperti yang sinetron-sinetron hidayah, yang sempat trend beberapa waktu yang lalu. Buku-bukunya juga banyak yang mengangkat tentang hal ini.

Selama saya hidup sampai sekarang seenggaknya ada 3 masa saya kehilangan orang yang sangat dekat. Kakek, Tante & yang terakhir Nenek yang meninggal sebulan yang lalu. Sedih kehilangan orang yang dicintai. Tapi mendengar ceramah tsb, membuat hati ini lebih sejuk. Karena ketiga orang yang sangat saya cintai tersebut meninggal dengan keadaan tenang, dalam tempo yang singkat, tidak menanggung perih yang lama ketika menjemput ajal. Shock untuk keluarga yang ditinggalkan, karena kehilangan yang tiba-tiba, namun jika itu pertanda bahwa mereka ditempatkan di tempat yang baik di akhirat, nothings better than that.

Dan saya juga berharap ketika waktunya datang, saya juga meninggal dalam keadaan tenang, tidak menyusahkan.

Amiin

Advertisements

2 thoughts on “Orang Baik Meninggal Dengan Tenang

  1. Pingback: 19 Maret 2016: Bapakku Dipanggil Allah | Hendro Nurkholis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s