Vredeburg

Minggu kemarin saya bersama mama & adik berkunjung ke benteng Vredeburg. Tepat sehari sebelum hari peringatan pahlawan nasional, jadi momennya pas (lebih tepatnya dipas-pasin 😛 ). Sekian tahun di Jogja baru kali ini masuk ke sana, padahal lokasinya dekat Malioboro. Kalau bukan karena mama & adik yang datang jalan-jalan ke kota ini, barangkali saya gak berkunjung ke sana juga. Dulu pernah mau masuk ke dalam, tapi dicegat karena gak pakai sepatu, kebetulan waktu itu pakai sendal jepit. Tapi waktu kemarin masuk gak ada peraturan seperti itu 😕

Faktanya saya sendiri jarang ke objek-objek historis. Selain bukan orang yang maniak jalan-jalan, objek-objek tersebut kebanyakan kurang terawat sehingga sering dibuat kecewa. Benar saja ketika masuk ke dalam area saya agak kecewa melihat tempatnya kurang bersih & masih sedang dalam renovasi. Masuk ke dalam ruangan-ruangan jauh lebih lumayan dan adem (ada AC hehe :mrgreen: ). Ternyata benteng ini sekarang difungsikan sebagai museum.

This slideshow requires JavaScript.

Lumayan bagus, walaupun gak ‘wah’ juga seperti negara di luar negeri. Perawatan, peningkatan fasilitas & sosialisasi tentang museum-museum dalam negeri kayaknya masih kurang. Objek wisata yang sering ditampilkan di televisi pun mayoritas adalah objek-objek alam. Padahal selain objek wisata, museum juga jadi tempat pembelajaran sejarah. Sayang kalau hanya dimamfaatkan untuk tempat shooting FTV.

Advertisements

10 thoughts on “Vredeburg

  1. Perawatan dan sosialisasi tentang museum-museum dalam negeri sangatlah minim.
    Diperparah lagi dengan karakter sebagian generasi muda yang lebih senang mesum dari pada ke museum 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s