Rahasia Presentasi Steve Jobs (2009)

Saya bukanlah seorang fan Steve Jobs, bapaknya Apple, bukan karena saya berada di kubu garis keras pendukung Microsoft juga, tapi sederhana karena produk-produk Apple itu mahal 😑. Saya kan kere mana sanggup beli. Keinginan membeli iPod dari dulu hanya nyangkut di mimpi, padahal iPod sudah berapa kali keluar seri terbarunya sejak saya punya keinginan tersebut. Jangan kan itu, beli es krim Magnum saja saya mesti keliling mini market dulu dua kali buat mikir sebelum merapat ke lemari es.

Jadi itu salah Steve Jobs? salah teman-temannya Steve Jobs? ya tidak, yang salah itu saya karena tidak punya duit :'(.

Jpeg

Buku “Rahasia Presentasi Steve Jobs” ini saya pinjam dari teman se kos di Jogja untuk menemani perjalanan bolak balik. Tapi seperti biasa, buku ini lebih berfungsi sebagai pemberat tas saja. Pernah sempat keluar saya baca saat di atas bus, tapi belum 2 paragraf kepala sudah pusing karena baca nunduk sambil digoyang di dalam bus memang tidak nyaman. Di bandara sebenarnya tempat yang nyaman untuk membaca buku ini, apalagi saat itu nunggu penerbangan memakan waktu cukup lama, alih-alih baca saya malah asyik internetan memamfaatkan wifi gratis bandara :mrgreen:.

Karena buku ini sudah terlanjur di tangan maka mau tak mau harus ditamatkan, kesannya terpaksa banget ya :D. Buku ini aslinya berjudul “The Presentation Secret of Steve Jobs How to Be Insanely Great in Front of Any Audience” karangan Carmine Gallo. Lalu diterjemahkan dan diterbitkan di Indonesia dengan judul seperti di atas.

Memulai baca dengan perasaan cuku skeptis dan minim ekspekatasi, tapi ketika telah selesai menamatkan 1 bab, perasaan tersebut mulai berubah. Lumayan juga, tidak semembosankan yang saya bayangkan. Dari segi konten sebenarnya buku ini bisa dirangkum dalam 1 bab saja. Namun penulis menjabarkannya ke beberapa bab yang kadang terkesan dilebih-lebihkan dan repetitif. Bahkan media video mungkin lebih pas dalam menyampaikan maksud dari buku ini, karena isinya yang menjelaskan tentang cara & gerak gerik Steve Jobs ketika menyampaikan presentasi.

Saya membaca buku ini setelah menonton ulang film Thailand “The Billionaire”, itu loh film populer tentang pengusaha rumput laut dan itu membuat iklim membaca terkoneksi, relatable. Karena buku ini cocok untuk entrepreneur muda yang mulai merintis usaha. Walau tidak banyak, tapi pesan & tips tentang cara Steve Jobs cukup melekat setelah dibaca. Atau setidaknya kita bisa menemukan beberapa kalimat inspiratif untuk dikutip dan di-post di media sosial :P.

Rating: β˜…β˜…β˜†β˜†β˜†

12 thoughts on “Rahasia Presentasi Steve Jobs (2009)

  1. Belum pernah tau video atau buku tentang steve jobs, penasaran sih…ehe, kalau yang film pengusaha rumput laut itu pernah, sumpah keren ya mas.

Leave a Reply

